16 Fakta Unik dan Menarik seputar Presiden SBY (Part 1)


Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono GCB AC atau yang biasa dikenal dengan Pak SBY merupakan Presiden Indonesia ke-6 yang menjabat dari 20 Oktober 2004 sampai 20 Oktober 2014. Pak SBY dikenal sebagai sosok presiden yang ramah dan santun. Pak SBY juga sopan dalam bertutur, sehingga beliau disukai dan dikagumi banyak orang.

Namun tahukah kalian, ada beberapa fakta unik dan menarik seputar Presiden SBY yang mungkin tidak diketahui banyak orang? Apa sajakah itu?


1. Panggilan SBY Semasa Kecil


"Sus," begitulah orangtua SBY memanggil beliau ketika beliau masih kecil hingga beranjak remaja. "Sus," sendiri merupakan panggilan akrab Ayah dan Ibu SBY untuk Pak SBY. 

Susilo Bambang Yudhoyono kecil tumbuh menjadi sosok yang pintar, cerdas, serta mempunyai banyak teman. Teman-teman masa kecil dan teman sekolah SBY juga memanggil Pak SBY dengan panggilan "Sus." Bahkan mungkin hingga sekarang teman lama SBY masih memanggil beliau dengan panggilan "Sus" tersebut.


2. SBY Presiden Pertama di Indonesia yang Dipilih Langsung oleh Rakyat

Pemilihan presiden secara langsung pertama kali dilakukan pada tahun 2004 sebagai rangkaian dari pemilihan umum. Pilpres tersebut berlangsung dua putaran, pada putaran kedua pilpres tersebut, SBY dengan didampingi Jusuf Kala berhasil memenagkan pilpres tersebut atas pesaingnya Megawati-Hasyim dengan perolehan suara mencapai 60,9%. Dengan begitu SBY menjadi presiden  pertama yang dipilih langsung oleh rakyat.

Image result for pemilu 2004

Presiden-presiden Indonesia sebelumnya terpilih tidak melalui pemilu,

  • Soekarno, dipilih oleh PPKI
  • Soeharto, dipilih melalui sidang MPRS, dan kemudian dipilih lagi kembali MPR
  • BJ. Habibie, menggantikan Soeharto yang kala itu menggundurkan diri
  • Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dipilih oleh MPR
  • Megawati, menggantikan Gus Dur yang dicabut mandatnya oleh MPR


3. SBY Menerima Gelar Doktor Honoris Causa Sebanyak 12 Kali

Honoris Causa (H.C) atau gelar kehormatan merupakan sebuah gelar kesarjanaan yang diberikan oleh suatu universitas/perguruan tinggi yang memenuhi syarat kepada seseorang, tanpa orang menerima gelar tersebut harus melakukan pendidikan tertentu hingga lulus.

Presiden SBY

Gelar ini tentu sangat sulit untuk didapat, namun siapa sangka Pak SBY menerima gelar ini sebanyak 12 kali. Dua belas gelar kehormatan tersebut didapat dari berbagai universitas di 8 negara berbeda dan dalam berbagai bidang pula.

  1. Bidang Hukum dari Universitas Webster, Inggris. (2005)
  2. Bidang Politik dari Universitas Thammasat, Thailand. (2005)
  3. Bidang Kepemimpinan dan Pelayanan Publik dari Universitas Teknologi Nanyang, Singapura. (2005)
  4. Bidang Pemerintahan dan Media dari Universitas Keio, Jepang. (2006)
  5. Bidang Pembangunan Pertanian Berkelanjutan dari Universitas Andalas, Indonesia. (2006)
  6. Bidang Ekonomi dari Universitas Tsinghua, Republik Rakyat Tiongkok. (2012)
  7. Bidang Perdamaian dari Universitas Utara Malaysia. (2012)
  8. Bidang Hukum Perdamaian dari Universitas Syiah Kuala, Aceh, Indonesia. (2013)
  9. dari Universitas Ritsumeikan, Jepang. (2014)
  10. Bidang Pendidikan dan Kebudayaan dari Universitas Soka, Jepang. (2014)
  11. dari Universitas Western Australia, Perth, Australia. (2015)
  12. Doktor Honoris Causa Bidang Pembangunan Berkelanjutan dari ITB, Indonesia (2016)


4. SBY Mendapatkan Kesatria dari Ratu Inggris

Related image

Tahun 2012 lalu Pak SBY mendapatkan gelar penghargaan dari Ratu Elizabeth II. Nama penghargaan tersebut adalah "Knight Grand Cross in the Order of the Bath" Ada 3 kelas dari Order Bath, dan "Knight Grand Cross in the Order of the Bath" merupakan kelas yang tertinggi.

Penghargaan ini sebelumnya juga pernah diberikan pada pemimpin-pemimpin asing, diantaranya:
Jacques Chirac (mantan Presiden Perancis), Ronald Reagen (Presiden Amerika Serikat)dan Abdullah Gul (Presiden Turki ).


5. Ujian Bencana Alam pada Masa Kepemimpinan SBY

Masa pemerintahan SBY yang berlangsung dari 20 Oktober 2004 hingga 20 Oktober 2014 mengalami sejumlah tantangan. Salah satu yang terberat adalah faktor nonteknis berupa bencana alam yang tak ada habis-habisnya.

Image result for tsunami aceh

Baru dua bulan SBY menjabat sebagai presiden Indonesia, Indonesia harus langsung menghadapi bencana besar yaitu Tsunami Aceh yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 yang menewaskan ratusan ribu jiwa.

Setelah itupun bencana alam terus melanda Indonesia, mulai dari gempa di Sumatera Barat yang menewaskan 1.150 jiwa hingga meletusnya Gunung Sinabung dan Gunung Kelud di tahun 2014 lalu.


6. Hobi Bermain dalam Band

Joko Widodo, presiden kita yang sekarang mungkin menyukai musik beraliran metal tetapi tidak dengan Susuilo Bambang Yudhoyono. Saat SBY masih dididik di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia, beliau membentuk sebuah band yang menyanyikan lagu-lagu The Beatels.

Pak SBY juga dikenal piawai dalam bermain gitar, bas, serta bernyanyi.

Image result for sby band susilo

Selain itu presiden Indonesia yang keenam ini juga sudah memiliki beberapa album yang berisi lagu-lagu yang beliau nyanyikan dan ciptakan sendiri. 

Hal tersebut memang cukup unik, mengingat jarang sekali ada presiden yang menyukai seni musik sampai seperti itu (mungkin lain lagi ceritanya kalau Roma Irama jadi presiden :v)


7. Angka Keberuntungan SBY

Image result for nine

Pada tahun 2009 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berpidato di hadapan para mahasiswa dan akademisi di Universitas Harvard, Amerika. Di tengah paparannya soal dunia Islam dan Barat, ia sempat memberitahu angka keberuntungannya, yakni angka 9.

SBY memang tidak banyak menjelaskan mengenai angka keberuntungannya itu dan kenapa angka 9 lah yang menjadi angka keberuntungannya. Tapi hanya dengan melihat tanggal lahir Pak SBY yaitu tanggal 9 dan bulan 9, kita jadi sedikit mengerti kenapa angka tersebut merupakan angka keberuntungannya.



8. SBY Muncul di Cover Majalah TIME

SBY rupanya pernah muncul di cover salah satu majalah ternama di dunia yaitu majalah TIME. SBY terhitung sudah dua kali muncul di majalah tersebut.

Image result for sby cover majalah time.

Pak SBY muncul dalam cover majalah TIME edisi Januari 2006, edisi ini membahas tentang ungkapan terima kasih dari SBY sebagai Presiden Indonesia kepada dunia yang turut membantu dalam menghadapi bencana Tsunami Aceh.

Lalu Pak SBY muncul lagi dalam cover majalah TIME edisi Mei 2009, dalam edisi tersebut SBY dimasukkan ke dalam daftar 100 tokoh berpengaruh di dunia versi majalah TIME.




0 Response to "16 Fakta Unik dan Menarik seputar Presiden SBY (Part 1)"

Post a Comment

-Komentar yang anda berikan merupakan sebuah penghargaan bagi saya
-Komentar harus menggunakan bahasa yang sopan
-Komentar tidak boleh mengandung unsur sara dan pornografi
-Menaruh link aktif maupun pasif boleh-boleh saja, asalkan ada hubunganya dengan artikel