16 Fakta Unik dan Menarik seputar Presiden SBY (Part 2)



Baca Part I-nya       : 16 Fakta Unik dan Menarik seputar Presiden SBY (Part 1)

Setelah kemarin kita membahas 8 dari 16 fakta unik seputar SBY, maka sekarang kita akan membahas 8 fakta lanjutannya yang tentunya tak kalah menarik dengan fakta-fakta pada part 1. Apa sajakah itu?


9. Perangko Bergambar SBY


Pada tanggal 5 Juni 2008, PT Pos Indonesia meluncurkan perangko bergambar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono.

Peranko tersebut ditandatangani oleh Pak SBY dan Ibu Ani di Istana Negara pada acara peringatan Hari Peduli Lingkungan Hidup Sedunia pada tahun 2008 silam.


10. SBY Pernah Menjabat Sebagai Menteri 3 Kali

Sebelum menjadi presiden, Pak SBY pernah menjabat sebagai menteri sebanyak 3 kali.


Pada tanggal 26 Oktober 1999 – 23 Agustus 2000, Pak SBY menjabat sebagai Menteri Pertambangan dan Energi Indonesia pada masa kepemimpinan Gusdur. Masih pada masa kepemimpinan Gusdur, pada tanggal 23 Agustus 2000 – 1 Juni 2001 Pak SBY menjabat sebagai  Menteri Koordinator Politik, Sosial, dan Keamanan (Menko Polsoskam).

Dan pada tanggal 9 Agustus 2001, SBY dilantik menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menko Polkam) pada masa kepemimpinan Megawati. Lalu kemudian dipecat oleh Taufik Kiemas pada 12 Maret 2004.


11.  SBY Mendapat Penghargaan Tertinggi dari Pemerintah Korea Selatan

SBY Terima Penghargaan Mugunghwa dari Korea Selatan

Pada tahun 2014 lalu, Pak SBY mendapat penghargaan The Grand Order of Mugunghwa dari Korea Selatan. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Presiden Korea Selatan Park Geun Hye di sela-sela kunjungan SBY ke Korea.

The Grand Order of Mugunghwa sendiri merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Pemerintah Korea Selatan kepada setiap orang yang telah banyak memberikan kontribusi kepada  Korea Selatan. 

Pak SBY mendapatkan penghargaan tersebut karena Mantan Presiden SBY dinilai telah banyak memberikan kontribusi terhadap peningkatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan.


12. SBY Berhasil Melindungi Sedikitnya 63 Juta Hektar Hutan Alami

Image result for hutan hujan tropis

Pada tahun 2007, Pak SBY membentuk kerja sama dibidang pelestarian hutan yang disebut forestry-11  atau disingkat F-11 dengan anggota para pemilik hutan tropis. SBY juga melakukan program kampanye penanaman 1 miliyar pohon yang dimulai dari tahun 2009, dan hingga kini sudah berhasil ditanam 3,5 miliyar pohon. Dengan program tersebut SBY juga sedah berhasil melindungi hingga 63 juta Ha hutan alami.

Berkat kerja kerasnya, Pak SBY mendapatkan penghargaan "Champion of the Earth 2014 for Policy Leadership" dari UNEP.


13. Lulusan Terbaik dari Akademi Militer Indonesia

Image result for AKMIL

Pada tahun 1973, Pak SBY lulus dari Akademi Militer Indonesia dan meraih  dan Tri Sakti Wiratama yang merupakan prestasi tertinggi gabungan fisik, mental, serta intelektual dan Adhi Makayasa sebagai siswa lulusan terbaik.


14. SBY Pernah Dicalonkan untuk Menjadi Penerima Nobel Perdamaian

Pada tahun 2006, Pak SBY dicalonkan menjadi penerima Penghargaan Nobel Perdamaian tahun 2006 oleh Komite Nobel Norwegia. Selain SBY, Martti Ahtisaari dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) juga ikut dicalonkan atas inisiatif mereka dalam usaha perdamaian di Aceh.


15. Sangat Aktif di Twitter

Image result for twitter sby

SBY merupakan Presiden yang cukup aktif dalam social media yang satu ini. Melalui akun twitternya @SBYudhoyono, Pak SBY berkicau dan mendengarkan keluhan masyarakat.

SBY pertama kali melakukan twit pada tanggal 13 April 2013, twit pertama Pak SBY adalah:

"Halo indonesia saya bergabung ke dunia twitter untuk berbagi sapa pandangan dan inspirasi salam kenal *SBY*".

Akun twitter @SBYudhoyono dikelola oleh SBY beserta staf-stafnya. Jika kalian melihat tanda *SBY* pada twit akun tersebut, itu berarti  twit tersebut dari Pak SBY langsung.


16. Nama Cucu-Cucu SBY Merupakan Nama-Nama Pemimpin Kerajaan


Cucu pertama SBY bernama Almira Tungga Dewi Yudhoyono. Almira berarti putri yang mulia, sedangkan Tunggadewi merupakan Ratu Kerajaan Majapahit pada abad ke-14.

Cucu kedua SBY bernama Airlangga Satriadhi Yudhoyono. Nama tersebut sangat familiar, ya, karena Airlangga merupakan pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Kahuripan.

Sedangkan cucu ketiga SBY bernama Pancasakti Maharajasa. Kata rajasa di akhir namanya merupakan gelar dari Raden Wijaya yang merupakan raja pertama dari Kerajaan Majapahit.


Jika kalian cukup tertarik dengan presiden ke-6 kita, kalian bisa bergabung dengan KIB untuk tahu lebih banyak tentang SBY. Cari tahu lebih banyak tentang KIB di  http://www.kibcentre.org/p/profil-komunitas-indonesia-bersatu.html?m=1



Tertarik dengan artikel di atas? Gak ada salahnya untuk menge-share artikel ini...

0 Response to "16 Fakta Unik dan Menarik seputar Presiden SBY (Part 2)"

Post a Comment

-Komentar yang anda berikan merupakan sebuah penghargaan bagi saya
-Komentar harus menggunakan bahasa yang sopan
-Komentar tidak boleh mengandung unsur sara dan pornografi
-Menaruh link aktif maupun pasif boleh-boleh saja, asalkan ada hubunganya dengan artikel