ASUS ROG GX800: Laptop Gaming Masa Depan


Baru-baru ini ASUS meluncurkan notebook/laptop terbarunya yaitu ASUS ROG GX800. Sebagai penerus ASUS ROG GX700, laptop ini memiliki spesifikasi yang sangat gahar dan melibihi PC dekstop gaming pada masa ini. Itulah mengapa ASUS ROG GX800 saya katakan sebagai "Laptop Gaming Masa Depan"


Seperti yang kita tahu, ASUS merupakan vendor notebook terbaik di dunia, dan laptop ASUS yang satu ini seolah memberi tahu kenapa ASUS menjadi yang terbaik. Mungkin kata-kata saya terdengar melebih-lebihkan, tetapi pada kenyataannya memang begitulah ASUS ROG GX800.

Salah satu yang mengejutkan dari produk ASUS yang satu ini adalah prossesornya. Kenapa? Karena prosesor yang digunakan pada GX800 ini tak main-main, yaitu Intel Core i7 7820 HK yang merupakan prosesor core generasi ke-7.

Nah, kira-kira apa lagi yang spesial dari ASUS ROG GX800? Yuk, kita simak reviewnya,



Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, ASUS GX800 menggunakan prosesor Intel Core i7-7820HK Generasi ke-7 (Kaby Lake). Prosesor Intel Core generasi ke-7 ini baru diresmikan di Indonesia pada tanggal 14 Maret 2017 lalu, ASUS GX800 sendiri adalah salah satu dari sedikit laptop/notebook yang sudah menggunakan prosesor ini.

Prosesor Intel Core i7-7820HK yang digunakan pada laptop gaming ini memiliki Clock Speed* yang sangat tinggi yaitu mencapai 4.6GHz.

*Clock speed adalah ukuran dari besarnya kecepatan komputer menyelesaikan perhitungan dasar dan operasi. 



Bagi sebuah PC gaming, baik dekstop maupun laptop, Clock Speed merupakan hal yang sangat penting. Mengingat Clock Speed memberikan pengaruh yang besar pada kinerja dan Processing Speed sebuah PC secara keseluruhan.

Dengan Clock Speed yang besar, tentunya ASUS ROG GX800 akan sangat membantu memudahkan kegiatan yang kita lakukan sehari-hari, tidak hanya untuk sekedar menaikkan FPS pada game, Clock Speed yang tinggi juga bisa mempercepat rendering video dan mempercepat berbagai aplikasi berat yang menguras daya.

Di bawah ini adalah perbandingan prosesor Intel Core i7-7820HK dalam mode extreme jika dibandingkan dengan prosesor intel lainnya.


Gimana? Ganas banget kan?




Selain prosesornya, kartu grafis pada ASUS GX800 ini juga sangat ganas. Kartu grafis yang mereka gunakan untuk laptop ini adalah NVidia tipe 2 Way SLI GeForce GTX 1080, artinya terdapat 2 buah kartu grafis GTX 1080 dalam sebuah ASUS ROG GX800.

Bisa kalian bayangkan peforma yang dapat dihasilkan oleh laptop ini, karena sebuah GTX 1080 saja sudah memiliki VRAM 8 GB GDDR5X dengan jalur memori bus selebar 256 bit dengan kecepatan 10 Gbps (=1.25 GBps), bagaimana dengan laptop ini yang memiliki 2 buah GTX 1080! Tentu akan sangat mengesankan.



Kartu grafis ini tentunya dilengkapi oleh fitur VR Ready serta teknologi-teknologi canggih lain seperti Vulkan API, G-Sync, Open GL, HDR Ready, dan masih banyak lagi. Sehingga dengan memanfaatkan kartu grafis ini kalian akan mendapatkan tekstur gambar yang sangat halus namun juga tajam, dalam bermain game, kartu grafis ini tentu akan sangat berguna untuk terbebas dari lag, tearing, dan mengurangi stutter, serta yang terpenting kartu grafis ini akan memaksimalkan grafis game yang kalian mainkan, alias rata kanan.

Daripada penasaran, ini hasil screenshot game dari ASUS ROG GX800:


Berdasarkan hasil tes game, ASUS ROG GX800 mampu menunjukkan peforma maksimalnya meski dalam game berat dan grafis yang tertinggi dengan Frame Rate hingga 186.61 FPS. Dengan kemampuan seperti itu laptop ini jelas akan meningkatkan pengalaman anda dalam bermain game.




ASUS ROG GX800 dilengkapi dengan RAM (Random Access Memory) 64 GB DDR4 2800Mhz  dengan bandwidth 20% dan efisiensi tenaga hingga 30% yang akan membantu prosesor serta kartu grafis dalam menghilangkan lag dan menambah kecepatan dari ASUS ROG GX800 ini.

Selain RAM-nya yang luar biasa, ASUS rupanya juga memberikan 3 buah media penyimpanan canggih yang berbasis Solid State Drive atau SSD dengan fitur Non Volatile Memory Express. SSD yang digunakan ASUS GX800 memanfaatkan slot PCIE generasi ke tiga M.2 guna memaksinalkan kecepataan. SSD ini diklaim merupakan SSD tercepat pada masa ini dengan kecepatan read dan write yang sangat tinggi.

Sebuah SSD yang digunakan pada laptop ini memiliki kapasitas penyimpanan 512 GB, itu berarti total kapasitas penyimpanan pada ASUS ROG GX800 adalah 1.536 GB atau setara dengan 1.5 TB, mengingat laptop ini memiliki 3 buah SSD 512 GB. 

Dengan SSD sebesar itu tentu game-game berat seperti GTA V (50 GB), Call of Duty: Advanced Warfare (55 GB), atau bahkan X-Plane 10 (86 GB) tidak akan terasa seperti game berat lagi.




Keyboard yang digunakan pada ASUS ROG GX800 adalah mechanical keyboard, mechanical keyboard pada laptop gaming yang satu ini sudah dilengkapi dengan fitur mechanical switches, AURA RGB Backlight Effects, dan seperti biasa anti-ghosting.

Fitur Mechanical Switches akan membuat keyboard menjadi lebih responsif dalam menjalankan perintah dan nyaman secara keseluruhan.


Lalu AURA RGB menjadikan keyboard dapat diatur warna LED-nya menjadi berbagai macam warna sesuai dengan yang kita inginkan. Pengaturan dan penyesuaian fitur ini bisa dilakukan di AURA RGB Lightning pada software ROG Gaming Center.

Sedangkan fitur Anti-Ghosting Keyboard merupakan fitur keyboard untuk menangkal hantu memastikan perintah kalian secara instan diinterpretasikan dengan benar dan akurat, bahkan jika kalian menekan 30 tombol sekaligus.


Satu lagi yang saya suka dari keyboard pada laptop ini adalah terdapat sentuhan putih tebal pada key W, A, S, dan D, sentuhan warna putih ini tidak hanya menambah keindahan namun juga membantu  mempercepat kita dalam mengenali key tersebut, mengingat sekarang key "WASD" merupakan standar dalam bermain game FPS.




Laptop dengan spesifikasi dewa seperti ASUS ROG GX800 tentu saja akan mudah panas, terutama jika kita melakukan overclock pada laptop tersebut. Untuk itu dibutuhkan sistem pendingin yang sangat efektif untuk laptop gaming yang satu ini.


ASUS ROG GX800 menggunakan Liquid Cool Docking, Liquid Cool Docking, merupakan pendingin terpisah yang dapat disambungkan dengan mudah dengan cara mengaitkan konektor pada ASUS GX800 dan pada Docking. Sistem pendingin ini mampu menstabilkan suhu laptop di antara 28 hingga 35 derajat celcius.

Jadi kalian gak perlu takut lagi sama yang namanya laptop panas.




Notebook-notebook ASUS ROG biasanya dilengkapi oleh fitur Sonic Studio dan Sonic Radar, namun kali ini ASUS mengembangkan fitur tersebut sehingga terciptalah Sonic Studio II dan Sonic Radar II.
  • Sonic Studio II akan membantu menghasilkan audio/suara gaming yang jernih dan berkualitas, juga membuat suara perekaman audio maupun streaming menjadi sempurna serta mengurangi kebisingan dengan teknologi bernama noise gate.
  • Sedangkan Sonic Radar II akan membantu kalian mendeteksi musuh, melalui sebuah on-screen overlay, yang akan menunjukan posisi relatif dari langkah kaki, tembakan, serta efek-efek suara game lainnya.
Related image

Selain Sonic Audio II dan Sonic Radar II, ada lagi sebuah teknologi yang ditanamkan pada ASUS ROG GX800 yaitu teknologi DAC ESS Sabre, yang akan menghasilkan keluaran audio 32bit/384KHz, dalam laptop ini juga terdapat 4 speaker dan built-in subwoofer yang akan memanjakan kedua pasang telinga kita dengan kualitas audionya.




Seperti yang kita tahu ASUS ROG GX800 memiliki spesifikasi yang tinggi dan memiliki fitur-fitur yang super canggih, namun hal tersebut tidak berarti ASUS mengorbankan desain dari laptop ini.

Nyatanya ASUS ROG GX800 tampil sangat menawan dengan warna metalic grey yang menutupi hampir seluruh bagian GX800 ini. Pada bagian tengahnya terdapat logo ROG dan 2 garis berwarna jingga/orange yang bisa menyala.


Tampilan ASUS ROG GX800 tanpa docking


undefined
Tampilan ASUS ROG GX800 dengan Docking

Tampilan tersebut mirip dengan pendahulunya yakni ASUS ROG GX700 dan mirip pula dengan ASUS ROG G752VS,
ASUS ROG GX800 memiliki diagonal layar selebar 18.3 inch dengan dimensi 45.8 cm x 33.8 cm serta ketebalan 4.5 cm, ukuran yang sangat besar untuk ukuran notebook, tetapi ukuran ini dinilai merupakan ukuran yang sangat ideal dan nyaman untuk para gamers. Tidak hanya lebar, layar laptop ini juga sudah memiliki resolusi 4K/Ultra HD (3840X2160) juga refresh rate sebesar 60 Hz.





Ingin lebih memanjakan para penggunanya, ASUS menambahkan fitur ASUS Splendid Display pada ASUS ROG GX800. Pada dasarnya fitur ini digunakan untuk mengatur kontras dan kecerahan pada layar. Ada setidaknya 4 mode yang dapat kita nikmati melalui fitur ini, yaitu normal mode, eye care mode, vivid mode, dan yang terakhir manual mode.
  • Normal Mode, merupakan mode yang cocok digunakan pada kegiatan sehari-hari seperti membuat dokumen, searching, melihat gambar, dan lain-lain. Karena pada mode ini LCD diatur untuk membuat mata pengguna nyaman dalam melihat layar.
  • Eye Care Mode, merupakan mode yang cocok untuk pemakaian laptop dalam rentang waktu yang lama. Mode ini sedikit meredupkan layar yang bertujuan untuk menghindari kerusakan retina mata si pengguna,
  • Vivid Mode, merupakan mode yang akan memberi kita tampilan gambar yang lebih tajam dibanding mode-mode lain, mode ini cocok digunakan untuk menonton video, mengedit foto, mengedit video, dan lain-lain.
  • Manual Mode, adalah mode dimana kita bebas mengatur kecerahan dan kontras layar sesuai kemauan kita dan berdasarkan kebutuhan kita.



asus rog gx800

Prosesor, Grapich Card, dan Memori yang gahar tidak akan ada artinya jika koneksi internetnya sangat lambat. Koneksi internet yang lambat dan tak stabil pastinya akan mengganggu kita dalam bermain game online terutama saat kita bermain game sambil melakukan kegiatan lain seperti mendownload file dan sebagainya.

ASUS-pun rupanya menyadari hal tersebut sehingga mereka memasukkan fitur Gamefirst III ke dalam ASUS ROG GX800.

Fitur Gamefirst III dibuat untuk mengoptimalkan koneksi internet untuk gaming daripada kegiatan-kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan gaming. Jadi saat kita melakukan banyak kegiatan secara bersamaan, maka bandwidth internet untuk gaming akan menjadi lebih besar dibandingkan dengan yang lain. Sehingga masalah lag pun dapat teratasi.




Berikut ini adalah kelengkapan port input maupun output dari ASUS ROG GX800:
  • Port HDMI 2.0
  • Port 1.3
  • USB 3.1 Type C (2 buah)
  • USB 3.0 Type A (3 buah)
  • Headphone jack
  • Mic jack 
  • WiFi Antena eksternal
  • Card reader
  • LAN Port



Jika kalian membeli ASUS ROG GX800, selain mendapat laptop, adapter, dan kardusnya (:v) kalian juga akan mendapat mouse gaming, Liquid Cool Docking, Antena WiFi, Backpack Bag, dan Gaming Suitcase yang bernuansa gaming.

ROG-GX800VH-case-1600X900

Mouse yang diberikan saat membeli laptop ini adalah mouse Gladius, mouse Gladius ini dapat di setting tingkat keresponsifitasanya hingga 6400 DPI yang tentunya akan sangat berguna untuk bermain game-game FPS.

Lalu backpack yang diberikan merupakan backpack khusus untuk membawa ASUS ROG GX800, Karena backpack biasa mungkin tidak akan kuat menahan beban dari ASUS ROG GX800 membgingat laptop ini memiliki total berat (+docking) hingga 10 kg.




Seperti biasa, di bagian mendekati akhir review saya akan memberi tahu spesifikasi dari ASUS ROG GX800 dalam sebuah infografis sederhana ini






ASUS ROG GX800 merupakan notebook terbaik hampir dalam segala hal, setidaknya untuk saat ini. Karena ASUS ROG GX800 memiliki puluhan fitur yang jarang atau bahkan tidak dimiliki oleh notebook atau laptop lain. Sehingga tak heran kalau banyak orang terkenal kedepannya akan memakai notebook ini, mengingat performanya yang sangat gahar dan menakutkan. 

Jadi buat kalian para gamer, kalian wajib punya satu buah ASUS ROG GX800 di kamar kalian.




Tertarik dengan artikel review di atas? Gak ada salahnya buat nge-share artikel ini...

2 Responses to "ASUS ROG GX800: Laptop Gaming Masa Depan"

  1. paling mengguncang dunia pergamingan emang nih berita ASUS ROG GX800 :D

    ReplyDelete

-Komentar yang anda berikan merupakan sebuah penghargaan bagi saya
-Komentar harus menggunakan bahasa yang sopan
-Komentar tidak boleh mengandung unsur sara dan pornografi
-Menaruh link aktif maupun pasif boleh-boleh saja, asalkan ada hubunganya dengan artikel