62 Anime yang Menampilkan Unsur-Unsur Indonesia


Beberapa anime cukup populer di Indonesia dan ditayangkan di beberapa stasiun televisi nasional. Namun tahukah kalian kalau ada beberapa anime yang mengandung/memasukan unsur-unsur Indonesia di dalamnya?

Ada yang menampilkan bahasa Indonesia, flora dan fauna khas Indonesia, perusahaan Indonesia dan ada juga yang menamilkan nama-nama orang Indoesia. Beberapa diantaranya memperlihatkan unsur Indonesia secara terang-terangan dan beberapa menampilkan unsur Indonesia secara sembunyi-sembunyi.

Langsung saja, berikut ini adalah anime yang mengandung unsur-unsur Indonesia...

1. Dragon Ball

Anime yang satu ini saya rasa cukup populer di Indonesia, terutama di kalangan anak-anak. Namun percayakah kalian kalau salah satu adegan penting dalam anime ini mengambil lokasi di Bali, Indonesia? Tidak percaya? Silahkan lihat gambar di bawah ini.

Unsur Indonesia - Dragon Ball

Bali lah tempat turnamen bela diri Tenkaichi diadakan. Sebagai bukti, ada beberapa tulisan berbahasa Indonesia seperti Dingin Es, Grampedia, Bali, Singaraja, Nanas Cukup-Cukup dan lain-lain.


2. Detective Conan

Di anime/manga Detektif Conan ternyata juga terdapat unsur Indonesia yaitu Barong Bali. Barong khas Bali tersebut ditampilkan pada episode 184.

Barong Bali Indonesia Conan

3. Digimon Adventure

Anime ini dulu pernah ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia dan menjadi tontonan masa kecil kita. Salah satu digimon dalam anime ini ada yang bernama Baromon, nama digimon tersebut diambil dari salah satu unsur Indonesia yaitu Barong Bali.

Baromon

Sekilas tentang Baromon, Baromon merupakan salah satu Digimon di VP Labs saat Takato Matsuki dan Kai Urazoe usaha di sana untuk menyelamatkan Minami Uehara.


4. Jormungand

Anime ini dengan jelas menampilkan Jakarta dalam salah satu scence-nya. Anime yang satu ini menampilkan Indomaret, Bajaj, Wisma 46 (Bangunan tertinggi di Indonesia), uang Rp50.000, nasi goreng, es doger,es teler dan masih banyak lagi.


Indomaret juga ada di Anime Jormungand
Indonesia di anime - Jormungand

5. Shokugeki no Soma

Anime ini sangat terkenal di tahun di tahun 2015 dan banyak dibicarakan di Indonesia karena ada makanan Indonesia yang ditampilkan di anime ini yaitu "Tempe."




6. Naruto

Saya rasa Naruto merupakan anime yang paling populer di Indonesia, Anime Naruto ternyata juga pernah menampilkan salah satu tanaman khas Indonesia yaitu Raflesia Arnoldi.

Jubi Nauto

Selain Raflesia Arnoldi ada juga beberapa unsur-unsur Indonesia lain di dalam anime ini seperti pedang Susano'o yang menyerupai keris, komodo, jubah akatsuki yang menyerupai batik Cirebon, terdapat patung candi yang menyerupai Borobudur (Naruto The Last,) dan lain-lain.


7. Ouran Highschool Boys

Ouran Highschool Boys di Bali

Anime shoujo ini menampilkan bali sebagai salah satu lokasi salah satu scence dengan salah satu karakternya menjadi raja bali dan semua karakternya mengenakan pakaian dan aksesoris khas Bali. Yang lebih hebatnya lagi live action dari anime ini juga membuat adegan ini.

8. Akame Ga Kill

Jika kalian menonton anime ini, maka kalian akan mendengar suara musik gamelan dan bunyi "cak! cak! cak!" (seperti pada 1CAK tari kecak) pada setiap adegan battle/pertarungan pada anime Akame Ga Kill ini.

9. To Aru Majutsu no Index

Salah satu tokoh anime ini mengucapkan salah satu makanan dengan bahasa Indonesia yaitu "Nasi Goreng"


10. Clannad

Jika kalian menonton anime ini saya rasa kalian akan dengan mudah menemukan unsur Indonesia di dalamnya, karena salah satu scence atau adegan di anime ini berlokasi di Jakarta dan menggunakan bahasa Indonesia (meskipun samar-samar).


11. One Piece

Hasil gambar untuk god enel

Banyak yang bilang kalau celana yang dikenakan God Enel merupakan referensi dari Batik Indonesia. Selain itu ada juga telinga Enel yang panjang juga mirip dengan salah satu tokoh mitologi Indonesia (referensi ke suku Dayak)


12. Terra Formars

Terdapat spesies hewan yang ditampilkan di anime ini yaitu "Sia Ferox" atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Jangkrik Raksasa. Dalam anime ini Sia Ferox tampak sangat kuat, ganas, dan mengerikan meskipun pada akhirnya Sia Ferox tetap kalah melawan Bos Kecoa.




13. Dinosaur King

Ternyata anime Dinosour King ini pernah mengambil lokasi pertarungan di Indonesia lebih tepatnya di pulau Bali yaitu pada episode 18. Berita ini sempat samar-samar dan diragukan akan tetapi berdasarkan data Dinosaur King Wikia pulau tersebut telah dikonfirmasi sebagai pulau Bali yang ada di Indonesia.


14. D. Gray-Man

Lagi-lagi salah satu makanan khas Indonesia ditampilkan di anime jepang, yap... apa lagi kalau bukan Nai Goreng.

Indonesia di anime - D.gray-man


15. Gundam 08th MS Team

Anime Gundam ini juga mengandung unsur Indonesia di dalamnya. Ada salah satu tokoh yang bernama "Kiki Rosita (Logita)" yang merupakan gerilyawati lokal dari Borneo (Kalimantan).

Kiki Rosita (Logita)

16. History's Strongest Disciple Kenichi

Anime yang satu ini dikenal cukup banyak memasukkan tokoh/karakter Indonesia di dalamnya. Ada 2 tokoh asal Indonesia yang berperan penting dalam manga ini yaitu Radin Tidat Jihan (antagonis) dan Slicardo Jenazad. Dua tokoh tersebut merupakan praktisi Pencak Silat terkemuka dalam manga yang satu ini.

Radin Tidat Jihan juga pernah mengeliuarkan/menyebutkan jurus berbahasa Indonesia, salah satunya adalah "Serangan Harimau"

Radin Tidat Jihan
(Gambar Radin Tidat Jihan)

17. Computer Kokumei: Saikyou x Saisoku no Zunou Tanjou

Anime ini mengisahkan tentang gempa bumi besar yang melanda seluruh dunia. Ayah dari tokoh utama di anime ini mendedikasikan dirinya untuk membuat sebuah alat yang super canggih untuk memberitahu, mencegah, dan menanggulani jika gempa bumi melanda. Nah salah satu tempat yang ingin dikunjungi adalah Indonesia.

Gempa di Indonesia

18. Rahxephon


Salah satu tokoh pendukung dalam anime ini ada yang berasal dari Indonesia yaitu Elvy Hidayat. Elvy merupakan pilot yang handal serta berbakat dan memakai code name "Bunga Mawar" (disebutkan dalam bahasa Indonesia).

19. Buddy Complex

Seperti yang anda lihat pada gambar dibawah, saat scence pesawat terdapat logo salah satu maskapai penerbangan asal Indonesia yaitu Garuda Indonesia. Selain itu terdapat juga karakter yang bernama "Soeharto".



20. Pscyhoo-Pass

Anime action yang satu ini ternyata juga menampilkan unsur Indonesia yaitu nama-nama orang Indonesia seperti Denden, Sumarsono, Zainuri, Soeharto, dan masih banyak lagi.

Pscyhoo Pass nama Indonesia

21. Hajimo no Ippo: Rissing

Ada salah satu petinju nasional kelas ringan asal Papua, Indonesia yang ditampilkan dalam anime ini, namanya adalah Papaya Dachiu.

Papaya Dachiu


22. Gj-Bu

Hanya sedikit orang yang melihat unsur Indonesia di dalam anime ini, karena letaknya yang tersembunyi yaitu di pojok kanan bawah.


23. Grisaia no Rakuen

Anime yang satu ini menampilkan salah satu tokoh/karakternya sedang berada di Indonesia.

Indonesia di anime - Grisaia no rakuen


24. Arakawa Under the Bridge

Salah satu pulau besar di Indonesia disebutkan dalam anime Arakawa Under the Bridge ini, yaitu pulau Jawa (Java).

Anime di Indonesia - Arakawa under the bridge


25. BTOOM

Jika kalian sudah menonton anime ini tentu anda akan menyadari kalau terdapat sebuah pulau yang memiliki banyak komodo, Yap... apalagi kalau bukan pulau komodo.



26. Code Geass

Anime ini ternyata juga menyebutkan Jakarta disaat kerusuhan parah sedang melanda dunia.


27. Ping Pong the Animation

Salah satu tokoh atau karakter Protagonis dalam anime ini menyebutkan "Papua" setelah diselamatkan oleh temannya akibat tenggelam di pantai (laut).


28. Nichijou

Salah satu karakter dalam anime ini yaitu Aioi Yokko mengatakkan "Selamat Pagi" selain selamat pagi ia juga pernah mengatakan "Selamat Tinggal" dan "Selamat Malam" dalam bahasa Indonesia.

Selamat Pagi dalam Anime

29. Chuunibyou Demo Koi ga Shite

Indonesia di anime - Chuunibyou Demo Koi ga Shitai


Anime drama yang tayang di tahun 2012 ini, rupanya juga menyimpan unsur Indonesia di dalamnya. Ya, anime ini pernah menampilkan ibukota Indonesia, Jakarta, seperti yang bisa kita lihat pada gambar di atas.

30. Marvel Blade

Kalau kalian pernah menonton versi anime dari karakter Marvel (Blade) yang dibuat oleh Madhouse. Maka kalian akan melihat dimana blade berburu vampir di Sumatera, Indonesia. Ada juga tokoh figuran asal Indonesia bernama Agus yang menemani si blade melawan Sundel Bolong.

31. Nana Maru San Batsu

Anime yang satu ini adalah salah satu anime kesukaan author. Anime yang baru mulai tayang pada Juli 2017 ini menceritakan tentang kuis. 

Nah, salah satu soal kuisnya ada yang tentang Indonesia.


Q: Tari apa, berdasarkan tari tradisional Indonesia, terlihat seorang tokoh menyerupai pertunjukan "Otagei"?

A: Kecak


Anime yang Meampilkan Musik Gamelan

Ternyata ada banyak anime yang OST-nya dihiasi dengan musik Gamelan. Selain Akame Ga Kill terhitung ada sekitar 25 anime yang memasukkan musik gamelan di dalamnya. Karena ada cukup banyak anime yang menggunakan musik gamelan saya tidak bisa membahasnya secara detail dan rinci. Oke langsung saja berikut adalah anime-anime yang memasukkan musik gamelan di OST-nya.

32Akira The Movie
33Amagi Brilliant Park
34Ao no exorcist
35Ghibli movie studio
36Ghost in the shell arise
37Gokukoku no Brynhildr
38Higurashi no naku koro ni
39Hotarubi no Mori E 
40Hyouka
41IMOCHO
42Karate Girl
43Kiss x sis
44Kuroko No Basuke
45
46
Mikagura Gakuen Kumikyoku
Mahou Sensei Negima
47Mushishi
48
49
Nanatsu no Taizai
Norogami
50Queens Blade Rebilion S3
51Rail Wars
53Sakarea
54School Rumble
55Seitokai Yakuindomo
56
57
58
Shingeki no Kyojin
Suzumiya Haruhi no Yuutsu
Sword Art Online
59Tekkon Kinkeert
60Tokyo Ghoul
61Touho Studio
62Trinty Seven

Dari beberapa unsur-unsur Indonesia ada beberapa yang kebetulan dan beberapa memang sengaja dan benar-benar diciptakan dari referensi dari negara Indonesia ini. Sebagai warga Indonesia sudah sepatutnya kita bangga melihat hal ini untuk itu saya butuh bantuan kalian untuk menge-share artikel ini dan membuat lebih banyak orang bangga dengan Indonesia.

Baca juga: https://infindonesia.blogspot.co.id/2017/02/daftar-produk-indonesia-yang-medunia.html




Ada anime dengan unsur Indonesia yang belum disebutkan? Silahkan tambahkan di kolom komentar...

38 Responses to "62 Anime yang Menampilkan Unsur-Unsur Indonesia"

  1. Keren gan, Bangga dengan Indonesia :)

    ReplyDelete
  2. mereka bikin animasi juga perlu inspirasi nyari sana sini ya gan hehehehe... keren keren

    ReplyDelete
  3. Mau nambahin bro . BGM / background Music di Sword Art Online 1 . Ada gamelan . Tapi lupa episode berapa. ada 2 episode dan itu cuman sebentar , hanya bisa didengarkan dengan volume yang agak besar .

    thanks :D

    ReplyDelete
  4. Anime chunnibyou juga ada,dengan latar jakarta

    ReplyDelete
  5. Tambahan, gan. Di anime Marvel Blade juga ada, mereka bahkan jadiin Sundel Bolong sebagai musuhnya Blade

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru tau malah :) btw makasih buat tambahannya

      Delete
  6. Keren banget daff, jadi makin cinta indonesia

    ReplyDelete
  7. keren ...keren ..... indonesia populer juga dimata dunia

    ReplyDelete
  8. Keren beberapa anime pake gamelan sering dengernya kayak noragami,,atau,suzumiya haruhi no yuutsu

    ReplyDelete
  9. Kok chunibyu gk ada gan?dia kan sering banget munculnya nama jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kalau saya tidak bisa memasukkan seluruh anime berunsur indonesia di dalam daftar ini.

      Dan, makasih untuk tambahannya :)

      Delete
  10. wtf sampe kiss x sis ada unsur indonesianya :v

    ReplyDelete
  11. Mahou Sensei Negima Juga ada
    Suara Alat Musik Gamelan Di jadikan Sound Bg Di beberapa Scene

    ReplyDelete
  12. anime chuunibyou juga ada,
    ayah Togashi Yuuta Bekerja Di Jakarta

    ReplyDelete
  13. jangan lupa suzumiya haruhi .. di bbrp episode ada music gamelan.. terutama episod trakhir clmaxnya pake musik gamelan THX,gan (n_n)

    ReplyDelete
  14. saya datang dari masa depan(karena post ini dari 2016).
    saya hanya ingin menyebutkan kepada anda" yg awam termasuk admin sendiri, bahwa nasi goreng bukan hanya sebagai makanan khas indonesia, nasi goreng itu makanan yg berasal dari china. nama nasi goreng sendiri kita tidak bisa mengetahuinya itu dari mana mengingat sejarahnya indonesia malaysia singapura thailand brunei dan sebagainya itu rumpun melayu, di singapura dan malaysia sendiri juga disebut nasi goreng. jadi tolong jgn terlalu overproud entar malu sendiri seperti kasus rio ferdinand yg dihina karena nyebut nasi goreng singapura padahal nyatanya dari china org indo aja yg terlalu awam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih untuk infonya wahai pemuda dari masa depan

      Delete
  15. yang 29 sampe 54 kok nga di liatin sih.. penasaran nih yg dimna nya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang 29 samapi 54 itu anime yang memasukkan musik gamelan. Bukan gamelannya.

      Jadi, bingung juga kalau dikasih gambar.

      Delete
  16. saya nemu di anime nana maru san batsu
    disini ada kuis yg nanya tarian indonesia yg akhirnya dijawab 'kecak'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih untuk tambahannya. Sudah saya tambahkan :)

      Delete
  17. di highschool of the dead yang ova juga ada.
    Lebih tepatnya suara dari tarian kecak bali, pas karakter utama sama temen2nya lagi ditengah pulau trus kena efek mabuk dari tumbuhan yg dibakar trus sfx nya lagu dari tarian kecak bali..

    ReplyDelete
  18. chibi maruko chan malah ada episode bali dan musik dangdut. nyari di ig ada tuh

    ReplyDelete
  19. woi yang ao no exorcit dan tokyo ghoul itu apa?

    ReplyDelete
  20. clannad gak masuk ya

    ReplyDelete
  21. Anime Photografer episode satu, pas opening ada tuh tentara amerima menembak tentara indonesia. Itu nyeritain tentang wartawan perang.

    ReplyDelete
  22. Saya kaget waktu nonton chuunibyou,grisaia,dan clannad karena anime anime tersebut menunjukkan sesuatu tentang indonesia

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. thanks min artikel ini bisa menambah referensi menulis artikel aku nih , lihat juga yah artikel tentang anime di blog aku inilah 7 anime terbaru dengan ending terbaik

    ReplyDelete
  25. Banyak banget gan.author anime banyak yg inspirasinya dari indonesia

    ReplyDelete
  26. Oh.. Nasi goreng... Bukannya nasi goreng itu sudah beragam macam di belahan dunia.. Nasi goreng thailand,jepang,korea, tp banggalah kd warga NKRI ...

    ReplyDelete
  27. freezing menampilkan bali di masa depan

    ReplyDelete

-Komentar yang anda berikan merupakan sebuah penghargaan bagi saya
-Komentar harus menggunakan bahasa yang sopan
-Komentar tidak boleh mengandung unsur sara dan pornografi
-Menaruh link aktif maupun pasif boleh-boleh saja, asalkan ada hubunganya dengan artikel